Skip to main content

Pengertian LAN, MAN, WAN, SAN, PAN, CAN pada jaringan komputer

1.   Jelaskan tentang klasifikasi jaringan komputer :
·         LAN  → Local Area Network
·         WAN  → Wide Area Network
·         MAN  → Metropolitan Area Network
·         SAN  → Storage Area Network
·         SAN  → System Area Network
·         SAN  → Smal Area Network
·         PAN → Personal Area Network
·         DAN → Desk Area Network
·         CAN → Controler Area Network
·         CAN → Cluster Area Network

2.      Jelaskan Tentang Topologi Jaringan :
·         Ring
·         Bus
·         Star
·         Mesh
·         Tree

Jawab :

1.      Klasifikasi Jaringan Komputer :

·         Pengertian LAN (Local Area Network)
LAN atau Local Area Network, adalah jaringan lokal yang sering digunakan oleh suatu instansi/organisai untuk berbagi resource. Resource yang sering dibagi antara lain : printer, internet, dan file file.

·         Pengertian MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network) merupakan versi LAN yang lebih besar. MAN dapat mencakup kantor kantor yang letaknya berdekatan (masih berada dalam 1 wilayah) misalnya, antara Fakultas A dan Fakultas B yang terdapat disebuah Universitas

·         Pengertian WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) cakupannya lebih luas dari MAN, yaitu bisa sebuah negara bahkan benua. dengan WAN memungkinkan komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak sangat jauh.

·         Pengertian PAN (Personal Area Network)
PAN (Personal Area Network) titik akses keberbagai perangkat pribadi seperti komputer, telepon, dll yang berbasis komunikasi data maupun perangkat komunikasi publik seperti internet

·         Pengertian SAN (Storage Area Network)
SAN (Storage Area Network) adalah jaringan yang memiliki high performance dan digunakan untuk kounikasi data antar server dan storage resource.

·         Pengertian SAN (System Area Network)
SAN (System Area Network) adalah koneksi-koneksi performa hardware tinggi dan kecepatan koneksi tinggi dalam sebuah konflurasi cluster.

·         Pengertian SAN (Small Area network)
SAN (Small Area Network) digunakan untuk menghubungkan Integrated Circuit (IC) kompenen pada papan sirkuit cetak atau dalam system. Karena biaya rendah, fleksibilitas, dan karakteristik hemat ruang, Small Area Networks memberikan control perangkat, media keamanan, dan pemantauan dalam produk elektronik mulai dari ponsel, untuk PC, dan untuk system server computer yang besar.

·         Pengertian DAN(Desk Area Network)
Desk Area Network (DAN) adalah workstation multimedia berbasis di sekitar interkoneksi ATM. Semua komunikasi antara peripheral dan bahkan antara CPU dan memori utama ini dicapai dengan mengirimkan sel ATM melalui switch fabric. Sebuah ptotipe berdasakan switch fabric Fairisle telah dibangun dan digunakan untuk menyelediki arsitektur.

·         Pengertian CAN (Controller Area network)
CAN Controller Area network pada mulanya dikembangkan untuk aplikasi pada kendaraan bermotor oleh Robert Bosch. Standar yang digunakan untuk data link layer mengacu pada model OSI (Open System Interconnection). CAN adalah subuah protocol komunikasi serial, yang secara efektif membantu mendistribusikan real-time control dengan keamanan tingkat tinggi. Pengalamatan yang dipergunakan berdasarkan pesan dengan menggunakan metode pemgambilan acak disertai dengan pendeteksian kolisi dan bit to bit arbitrasi. Pesan yang mempunyai prioritas tertinggi akan mendapatkan akses ke jaringan terlebih dahulu. CAN merupakan system serial bus dengan kemampuan multi-master, yang berarti setiap simpul dapat mengirimkan data dan beberapa simpul dapat mengakses ke bus secara bersamaan.

·         Pengertian CAN (Cluster Area Nwtwork)
Cluster Area Network (CAN) adalah jaringan yang terbentuk dari beberapa jaringan LAN namun tidak cukup besar untuk disebut MAN. Maka lahirlah Cluster Area Network (CAN) contohnya adalah jaringan dalam kampus atau perumahan.

2.      Topologi Jaringan :
Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Macam Topologi Jaringan ada 5 macam yaitu Topologi Bintang, Topologi Cincin, Topologi Bush, Topologi Mesh, Topologi Pohon. Semua ini merupakan Topologi Jaringan Komputer.
Sedangkan Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing masing topologi berdasarkan karakteristiknya.

1.      Pengertian Topologi BUS



Topologi Bus  merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50 ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
Kelebihan
·                     Hemat kabel
·                     Layout kabel sederhana
·                     Mudah dikembangkan
Kekurangan
·                     Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
·                     Kepadatan lalu lintas
·                     Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
·                     Diperlukan repeater untuk jarak jauh




2.      Pengertian Topologi RING



Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.

Keuntungan
·                     Hemat Kabel
Kerugian
·                     Peka kesalahan
·                     Pengembangan jaringan lebih kaku





3.      Pengertian Topologi STAR



Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakanhubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Kelebihan :
  • Paling fleksibel
  • Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
  • Kontrol terpusat
  • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
  • Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kekurangan :
  • Boros kabel
  • Perlu penanganan khusus
  • Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis


4. Pengertian Topologi Tree



Topologi Pohon (Tree) adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone.

Kelebihan :
  • Dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.
Kekurangan :
  • Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.



4.      Pengertian Topologi Mesh



Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.

Kelebihan :
  • Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
  • Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
  • Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
  • Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.


Kekurangan :

  • Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
  • Setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
  • Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

Comments

  1. saya hensem dan ingin menjadi pramugara yang sexy <3 untuk sambal goreng ikan bilis yang sedap sila dtg ke KOLEJ KOMUNITI MASJID TANAH DAN MENCARI AZARUL DAN FARHANA

    ReplyDelete
  2. saya hensem dan ingin menjadi pramugara yang sexy <3 untuk sambal goreng ikan bilis yang sedap sila dtg ke KOLEJ KOMUNITI MASJID TANAH DAN MENCARI AZARUL DAN FARHANA

    ReplyDelete
  3. SAYA fiqry farhan yang pakai spec dan pandai bermain papan selaju sebagai hobi,,,

    ReplyDelete
  4. SAYA MUHAMMAD AFFANDI BIN SULAIMAN PEMINAT FANATIK MASDO DAN SAYA ADA PINGGUL YANG MENARIK DAN SEXY (AUM AUM)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Komputer Berdasarkan 5W+1H

Pengertian Komputer Berdasarkan 5W+1H Nama                    : Andi Nurwanto NPM                     : 2012250128 Tugas                    : Pengantar Teknologi Informasi Teknik Informatika 11.       Jelaskan “komputer” berdasarkan 5W + 1H Jawab : 1.       What / Apa yang di maksud dengan komputer dan apa sajakah yang dapat dilakukan oleh komputer ? Komputer berasal dari bahasa asing yaitu computera yang berarti mesin penghitung. Komputer merupakan alat elektronik yang dapat membantu pekerjaan manusia secara cepat, efisien, dan rapi. Melalui program – program yang ada di dalamnya. Komputer terdiri dari hardwere (perangkat keras yang bisa terlihat oleh mata yang terdiri dari CPU, monitor mouse, keyboard), softwere (perangkat lunak yng dapat membantu kita melalui perintah misal menjalankan robot, microsoft word) dan brainewere (manusia yang menjalankan komputer itu sendiri) Sebenarnya komputer tidak dapat melakukan apa – apa jika tidak dijalankan oleh pen

Pengujian Basis Path

Pengujian basis path adalah pengujian white box yang diusulkan pertama kali oleh Tom McCabe. Metode ini memungkinkan penguji dapat mengukur kompleksitas logis dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi. Digunakan untuk mengukur kompleksitas logis dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi.Test case yang didapat digunakan untuk mengerjakan basis set yang menjamin pengerjaan setiap perintah min 1x selama uji coba. A. Basis Path Notasi yang digunakan untuk menggambarkan jalur eksekusi adalah notasi diagram alir (atau grafik program), yang menggunakan notasi lingkaran (simpul atau node) dan anak panah (link atau edge). Notasi ini menggambarkan aliran control logika yang digunakan dalam suatu bahasa pemrograman.  untuk mendapatkan kompleksitas lojik dari suatu prosedur dan menggunakan ukuran ini sebagai petunjuk untuk mendefinisikan himp