Skip to main content

Pengertian Komputer Berdasarkan 5W+1H




Pengertian Komputer Berdasarkan 5W+1H

Nama                   : Andi Nurwanto
NPM                    : 2012250128
Tugas                   : Pengantar Teknologi Informasi

Teknik Informatika



11.      Jelaskan “komputer” berdasarkan 5W + 1H
Jawab :

1.      What / Apa yang di maksud dengan komputer dan apa sajakah yang dapat dilakukan oleh komputer ?
Komputer berasal dari bahasa asing yaitu computera yang berarti mesin penghitung. Komputer merupakan alat elektronik yang dapat membantu pekerjaan manusia secara cepat, efisien, dan rapi. Melalui program – program yang ada di dalamnya. Komputer terdiri dari hardwere (perangkat keras yang bisa terlihat oleh mata yang terdiri dari CPU, monitor mouse, keyboard), softwere (perangkat lunak yng dapat membantu kita melalui perintah misal menjalankan robot, microsoft word) dan brainewere (manusia yang menjalankan komputer itu sendiri)
Sebenarnya komputer tidak dapat melakukan apa – apa jika tidak dijalankan oleh pengguna / brain wer. Tetapi jika dijalankan oleh pengguna melalaui program – program yang di buat oleh manusia yang telah di simpan dalam komputer, komputer dapat melakukan berbagai hal secara cepat dan akurat melalui perintah si pengguna dengan 3 tahap yaitu input, proses, dan output.

2.      Who / Siapa sajakah orang – orang yang mempunyai peran penting dalam perkembangan di dunia komputer, sehingga komputer bisa ditemukan / tercipta  ?
·      Penggagas pertama kali adalah Charles Babbage seorang pakar matematik pada tahun 1822, dengan idenya yang cemerlang menciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu dari generasi berikutnya
·      .Tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.
·      Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
·      Tahun 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
·      Tahun 1945 Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
·      Tahun 1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama,.
·      Tahun 1947 Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.
v  Dari sejarah di atas, maka dapat diketahui bahwa penemu KOMPUTER (bukan kalkulator) adalah Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr..
Sumber :Bayuputra.com
3.      Why / mengapa komputer di ciptakan ?
Komputer di ciptakan karena manusia merasa komputer memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Komputer merupakan alat yang bisa digunakan untuk membuat program – program yang sangat membantu manusia. Komputer dapat meringankan pekerjaan manusia melalui program – progaramnya. Di kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini manusia hanya cukup berhadapan dengan komputer dan mengoperasikanya, manusia sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan dan pengetahuan. Tidak hanya dalam bidang informasi saja, tetapi sekarang dalam bidang apapun komputer sudah banyak di modifikasi dan  dimanfaatkan oleh manusia.

4.      Sejak when / kapankah perubahan di  dunia teknologi terlihat ?
Perubahan dalam bidang teknologi terlihat sejak di temukannya komputer pertama kali oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr, maka dunia mulai melakukan revolusi. Orang – orang pun mulai berpikir, hal apa sajakah yang bisa dilakukan oleh komputer. Ternyata komputer bisa digunakan manusia untuk membuat suatu program yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan mereka. Dan sekarang ini telah kita lihat banyak sekali program - program aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan kita, misalnya dalam penulisan kita bisa menggunakan aplikasi microsoft word, dan dalam hiburan kita bisa bermain game menggunakan HP atau komputer dan komputer sangat berperan penting dalam bidang kesehatan, karna dengan komputer para dokter dapat mengetahui sebuah penyakit dan dapat membuat obatnya.

5.      Where / Dimanakah kita bisa menjumpai komputer ?
Semakin tingginya minat masyarakat terhadap alat yang satu ini sekarang komputer menjadi tidak asing lagi di kehidupan kita, dimana saja sekarang kita bisa melihat / menjumpai alat ini, dari mulai kantor, toko, bahkan kini di rumah – rumah pun sudah banyak yang memakai komputer, apalagi dengan mudahnya dalam sistem pengoperasian dan banyak sekali program – program didalamnya yang sangat menarik dan membantu, menjadikan alat ini di minati oleh banyak orang, sekarang komputer sudah di perjual belikan dengan bebas dengan harga yang amat terjangkau sehingga mempermudah masyarakat untuk memilikinya.

6.      How / Bagaimanakah jika komputer tidak pernah tercipta / ditemukan ?
Jika komputer tidak pernah di ciptakan / ditemukan mungkin teknologi – teknologi yang canggih  seperti sekarang, misal hp, robot, pesawat dll, juga tidak pernah ditemukan, karena komputerlah yang dapat membuat program – program itu, sebab itulah kita bisa menyebut komputer merupakan langkah awal untuk menuju jaman yang modern seperti sekarang ini. Jika komputer tidak tercipta mungkin banyak orang kesulitan untuk melakukan pekerjaannya secara cepat dan efisien. Walaupun komputer juga menpunyai dampak yang besar dalam masyarakat misal komputer dapat menimbulkan banyaknya pengangguran.

2.      Cari 1 manfaat komputer dalam bidang ?
a)      Kedokteran
b)      Kriminalitas
c)      Pemerintah
d)     Indusri dan manufaktur
e)      Bisnis dan perbankan
Jawab :



11.      Kedokteran
Ø  Manfaat komputer dalam bidang kedokteran, komputer bisa digunakan sebagai pendeteksi detak jantung pasien, dapat di gunakan untuk mengetahui DNA, untuk melakukan riset pembuatan obatdan untuk memdeteksi sebuah penyakit .

22.      Kriminalitas
Manfaat komputer dalam dunia kriminal, komputer bisa digunakan untuk MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network) yg digunakan untuk informasi sekitar 150.000 orang yg mempunyai latar belakang krimnalitas, meliputi sidik jari, nama samaran dan data mendetail lainnya.
Komputer juga bisa digunakan sebagai pengawas, maksudnya dengan teknologi computer sekarang seseorang bisa memantau atau mengawasi suatu objek lewat computer, contohnya melakukan pengawasan/patroli terhadap pengaturan lalu lintas, mengawasi tempat-tempat yang rawan tindak kriminalitas contohnya di tempat ATM, BANK, pasar swalayan , terminal, stasiun dan lain sebagainya, semua hal tersebut mustahil bisa diawasi tanpa ada camput tangan dari perkembangan computer, sedangkan alat yang digunakan untuk memantau atau mengawasi jarak jauh itu dinamakan CCTV


33.      Pemerintah
Manfaat komputer dalam pemerintah, komputer mempunyai banyak sekali manfaat bagi masyarakat baru – baru ini pemerintah kita sedang mencanangkan program e – KTP yng dilakukan di seluruh indonesia. e-KTP merupakan salah satu contoh pemanfaatan komputer dalam pemerintahan.

44.      Industri dan Manufaktur
Di bidang industry, computer telah dipergunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan kecepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numeric atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aidad Design (CAD) yaitu merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industry atau pabrik, missal sebuah mesin serba guna dalam industry logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industry logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin dalam industry garmen yang dilengkapi dengan kendali computer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
Selain itu industry modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industry yang dikontrol oleh computer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh computer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard computer, Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil motor atau alat-alat berat lain telah dikendalikan oleh computer.
Sumber:http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/universities-research-institutions/2062089-manfaat-komputer-bagi-bidang-industri/#ixzz26ubDBgmS

55.      Bisnis dan perbankan
Manfaat komputer dalam bisnis dan perbankan, di dunia bisnis kita bisa menggunakan jasa komputer sebagai alat untuk mencari uang. Dalam dunia bisnis komputer sangat mempengaruhi terutama saat kita akan meawarkan produk – produk kita. Kita bisa gunakan komputer sebagai alat untuk mepromosikan produk – produk kita. Apalagi di dunia perbankan, komputer sangat di butuhkan sekali, jika komputer di hubungkan ke internet kita bisa mentransfer uang – uang kita dengan mudah melalui ATM,

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian LAN, MAN, WAN, SAN, PAN, CAN pada jaringan komputer

1.   Jelaskan tentang klasifikasi jaringan komputer : ·           LAN  → Local Area Network ·           WAN  → Wide Area Network ·           MAN  → Metropolitan Area Network ·           SAN  → Storage Area Network ·           SAN  → System Area Network ·           SAN  → Smal Area Network ·           PAN → Personal Area Network ·           DAN → Desk Area Network ·           CAN → Controler Area Network ·           CAN → Cluster Area Network 2.        Jelaskan Tentang Topologi Jaringan : ·           Ring ·           Bus ·           Star ·           Mesh ·           Tree Jawab : 1.        Klasifikasi Jaringan Komputer : ·           Pengertian LAN (Local Area Network) LAN atau Local Area Network, adalah jaringan lokal yang sering digunakan oleh suatu instansi/organisai untuk berbagi resource. Resource yang sering dibagi antara lain : printer, internet, dan file file. ·           Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) MAN (Metropo

Pengujian Basis Path

Pengujian basis path adalah pengujian white box yang diusulkan pertama kali oleh Tom McCabe. Metode ini memungkinkan penguji dapat mengukur kompleksitas logis dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi. Digunakan untuk mengukur kompleksitas logis dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi.Test case yang didapat digunakan untuk mengerjakan basis set yang menjamin pengerjaan setiap perintah min 1x selama uji coba. A. Basis Path Notasi yang digunakan untuk menggambarkan jalur eksekusi adalah notasi diagram alir (atau grafik program), yang menggunakan notasi lingkaran (simpul atau node) dan anak panah (link atau edge). Notasi ini menggambarkan aliran control logika yang digunakan dalam suatu bahasa pemrograman.  untuk mendapatkan kompleksitas lojik dari suatu prosedur dan menggunakan ukuran ini sebagai petunjuk untuk mendefinisikan himp