Skip to main content

Corona Virus 3.286 Korban Meninggal - Begini Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Corona



Sumber : https://www.sthelensstar.co.uk/resources/images/11102909/


Virus corona atau  Covid-19 yang mulai terdeteksi di Indonesia menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakatnya, tak ayal warga dikota-kota besar banyak menyerbu minimarket untuk memborong masker serta antiseptik demi menangkal terjangkitnya virus corona. 

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar terjadi ketika ada interaksi berupa percikan dahak saat batuk atau bersin.


Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru.

Hingga saat ini data kasus orang yang sudah terinfeksi oleh virus corona berdasarkan sumber dari https://www.worldometers.info/  ada 95.500 kasus, dengan rincian meninggal berjumlah 3.286 orang dan yang berhasil disembuhkan berjumlah 53.689 orang yang tersebar di berbagai negara saslah satunya Indonesia dengan jumlah 2 kasus. 




Belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.
Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona adalah:

1.  Mencuci Tangan
Mencuci tangan dengan benar adalah salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona,
Berikut adalah cara mencuci tangan yang benar:
·       Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir
·       Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela jari
·       Bersihkan bagian bawah kuku-kuku
·       Bilas tangan dengan air bersih mengalir
·  Keringkan tangan dengan handuk/ tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan.


2.  Menggunakan Masker
Cara menggunakan masker yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara. Namun penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.

3.  Tutup Mulut Saat Bersin.
Penularan antarmanusia kemungkinan besar terjadi ketika ada interaksi berupa percikan dahak saat batuk atau bersin. Cara tepat menutup mulut guna memperkecil kemungkinan penyebaran virus yaitu dengan menggunakan lengan, sapu tangan ataupun tisu.

4.  Menghindar Kontak dengan Hewan Liar
Coronavirus atau Covid-19 diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut.
Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang.

5.  Istirahat di Rumah
Jika kamu merasa kondisi tubuh sedang tidak sehat sebaiknya istirahatlah di rumah. Daya tahan tubuh yang lemah menyebabkan mudahnya virus untuk masuk ke tubuh. Jika kamu mengalami batuk atau flu yang tak kunjung sembuh lebih dari seminggu segerakanlah untuk memeriksakannya ke fasilitas kesehatan terdekat.


Semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk lebih menjaga nikmat sehat yang telah diberikan oleh sang maha pencipta.



Comments

  1. Semoga rakyat Indonesia selalu di berikan perlindungan oleh Allah

    ReplyDelete
  2. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    Over 160k women and men are hacking their diet with a easy and secret "liquids hack" to lose 1-2lbs each and every night as they sleep.

    It's simple and it works on everybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Hold a glass and fill it up with water half the way

    2) And now follow this weight losing HACK

    and you'll become 1-2lbs skinnier when you wake up!

    ReplyDelete
  3. If you're looking to lose pounds then you have to get on this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, fitness trainers, and cooks united to develop keto meal plans that are useful, decent, price-efficient, and delightful.

    Since their grand opening in January 2019, 1000's of clients have already completely transformed their body and well-being with the benefits a professional keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto meal plan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Komputer Berdasarkan 5W+1H

Pengertian Komputer Berdasarkan 5W+1H Nama                    : Andi Nurwanto NPM                     : 2012250128 Tugas                    : Pengantar Teknologi Informasi Teknik Informatika 11.       Jelaskan “komputer” berdasarkan 5W + 1H Jawab : 1.       What / Apa yang di maksud dengan komputer dan apa sajakah yang dapat dilakukan oleh komputer ? Komputer berasal dari bahasa asing yaitu computera yang berarti mesin penghitung. Komputer merupakan alat elektronik yang dapat membantu pekerjaan manusia secara cepat, efisien, dan rapi. Melalui program – program yang ada di dalamnya. Komputer terdiri dari hardwere (perangkat keras yang bisa terlihat oleh mata yang terdiri dari CPU, monitor mouse, keyboard), softwere (perangkat lunak yng dapat membantu kita melalui perintah misal menjalankan robot, microsoft word) dan brainewere (manusia yang menjalankan komputer itu sendiri) Sebenarnya komputer tidak dapat melakukan apa – apa jika tidak dijalankan oleh pen

Pengertian LAN, MAN, WAN, SAN, PAN, CAN pada jaringan komputer

1.   Jelaskan tentang klasifikasi jaringan komputer : ·           LAN  → Local Area Network ·           WAN  → Wide Area Network ·           MAN  → Metropolitan Area Network ·           SAN  → Storage Area Network ·           SAN  → System Area Network ·           SAN  → Smal Area Network ·           PAN → Personal Area Network ·           DAN → Desk Area Network ·           CAN → Controler Area Network ·           CAN → Cluster Area Network 2.        Jelaskan Tentang Topologi Jaringan : ·           Ring ·           Bus ·           Star ·           Mesh ·           Tree Jawab : 1.        Klasifikasi Jaringan Komputer : ·           Pengertian LAN (Local Area Network) LAN atau Local Area Network, adalah jaringan lokal yang sering digunakan oleh suatu instansi/organisai untuk berbagi resource. Resource yang sering dibagi antara lain : printer, internet, dan file file. ·           Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) MAN (Metropo

Pengujian Basis Path

Pengujian basis path adalah pengujian white box yang diusulkan pertama kali oleh Tom McCabe. Metode ini memungkinkan penguji dapat mengukur kompleksitas logis dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi. Digunakan untuk mengukur kompleksitas logis dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan himpunan basis dari semua jalur eksekusi.Test case yang didapat digunakan untuk mengerjakan basis set yang menjamin pengerjaan setiap perintah min 1x selama uji coba. A. Basis Path Notasi yang digunakan untuk menggambarkan jalur eksekusi adalah notasi diagram alir (atau grafik program), yang menggunakan notasi lingkaran (simpul atau node) dan anak panah (link atau edge). Notasi ini menggambarkan aliran control logika yang digunakan dalam suatu bahasa pemrograman.  untuk mendapatkan kompleksitas lojik dari suatu prosedur dan menggunakan ukuran ini sebagai petunjuk untuk mendefinisikan himp